Tumbuhan predator (Carnivora plants)


Entah kenapa, jenis tumbuhan predator (karnivora) agak jarang saya temukan dalam beberapa jurnal tentang keanekaragaman hayati asli Indonesia. Cmiiw, beberapa komunitas, hobbies, kolektor atau aktivis lingkungan (maaf ya kalau salah) cenderung lebih fokus pada jenis tanaman yang “cantik, indah & lembut” baik dari kelangkaan, warna, aroma ataupun fungsionalitasnya.
Saya sendiri berharap banyak, mendapat informasi lebih luas lagi tentang tumbuhan-tumbuhan jenis karnivora ini. terutama untuk biodiversitas asli Indonesia. Selama ini, hanya jenis tumbuhan Kantong Semar (Burangrang Pitcher Plant (Nepenthes L.)), –sementara saya istilahkan seperti itu dulu ya–, baru hanya jenis tumbuhan tersebut yang pernah saya temukan saat mendaki gunung Burangrang, Cisarua-Lembang. Semoga ada yang membantu melengkapi:mrgreen:

Sundews (Drosera)Sundews (Drosera)
tanaman ini terdiri lebih dari 170 spesies. tanaman karnivora ini yang paling luas daerah penyebarannya. ditemukan di seluruh dunia, di semua benua (kecuali Antartika) dan bahkan di Selandia Baru.





Butterworts (Pinguicula)Butterworts (Pinguicula)
menyebar di tempat-tempat basah di Amerika, Eropa dan utara Asia. tanaman ini menggunakan kelenjar daun yang lengket untuk memikat, menjebak, dan mencerna serangga.







Bladderworts (Utricularia & Polypompholyx)Bladderworts (Utricularia & Polypompholyx)
tanaman ini mewakili genus terbesar tanaman karnivora (lebih dari 200 jenis), bahkan lebih luas daripada Sundews.






Waterweel Plant (Aldrovanda)Waterweel Plant (Aldrovanda)
tanaman ini ditemukan di Eropa, Asia, Afrika dan Australia dan tinggal di dalam air.







The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)
tanaman ini hidup pada lingkungan rawa-rawa di North dan South Carolina (tenggara Amerika Serikat). Tanaman ini menangkap dan mencerna mangsa (terutama serangga dan arakhnida) dengan perangkap yang dibentuk oleh terminal masing-masing bagian dari tanaman daun. memiliki mekanisme perangkap elastis unik yang bisa menutup sekaligus mengunci.


Pitcher Plants (Nepenthes L.)Pitcher Plants (Nepenthes L.)
mungkin, inilah tanaman yang memiliki perangkap paling spektakuler dengan mekanisme yang kompleks, bahkan di antara yang paling canggih secara fungsional. Tanaman ini tumbuh dari Madagaskar dan Asia tenggara hingga ke timur laut Australia.





Mocassin Plant (Cephalotus)Mocassin Plant/ Western Australian Pitcher Plant (Cephalotus)
Daerah penyebarannya berada di barat daya Australia. Tanaman ini memiliki mekanisme penutup mirip Nepenthes, tapi lebih pendek dengan lingkar mulut yang lebih luas.





North American Pitcher Plant (sarracenia)North American Pitcher Plant (Sarracenia)
tanaman ini hidup di rawa-rawa asam di wilayah timur dan selatan Amerika Serikat & Kanada. bagian salurnya berevolusi untuk menjebak serangga yang tertarik pada nektar serta kombinasi warna dan aromanya.






California Pitcher Plant (Darlingtonia)California Pitcher Plant (Darlingtonia)
ditemukan di utara California dan Oregon, menyebar di rawa dan air yang mengalir. Daun berbentuk tabung yang tampak seperti ular kobra dengan daun bercabang.





Portuguese Sundews (Drosophyllaceae lusitanicum)Portuguese Sundews (Drosophyllaceae lusitanicum)
tanaman asli Portugal, Spanyol dan Maroko, dan merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora yang tumbuh di tempat kering atau tanah alkalin. Tanaman ini memiliki aroma yang berbeda, untuk menarik mangsa serangga yang melintas. Serangga akan terperangkap oleh lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar pada daun.





foto & referensi disadur dari berbagai sumber
TREKKU™

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s