Persiapan perjalanan


backpackerHalo trekker, kegiatan perjalanan di alam bebas punya dua sisi berlawanan. kita bisa membuatnya menjadi sesuatu yang menyenangkan atau bahkan menjelma menjadi musibah. Bagi saya, persiapan untuk sebuah kegiatan adalah mutlak, termasuk salah satunya, pendakian gunung yang memiliki resiko cukup tinggi. saya ingin berbagi beberapa pengetahuan tersebut, dan semoga penguraiannya sistematis dan bermanfaat.

joggerFisik
Saya harus punya fisik bagus jika ingin melakukan kegiatan kegiatan tersebut. Biasanya saya fokus terutama pada kaki dan paru paru, selain push up, sit up & pull up. Jogging saat 11.³° hingga 12.³° tengah hari adalah pilihan utama saya, kenapa? karena saat itu lapisan oksigen pada ambang batas ketinggian normal daya hisap manusia, akan menipis. Dan ini sangat berguna bagi paru paru untuk melatih kemampuan VO²Max. Semakin tinggi suatu area, maka akan semakin tipis pula kandungan oksigennya. Dengan melatih VO²Max, kita akan cepat beradaptasi ketika berada di daerah pegunungan. Semakin banyak oksigen yang masuk ke otak, maka akan semakin baik semua fungsi motorik kita. VO²Max yang kurang terlatih akan berakibat terjadinya mountain sickness, halusinansi, sangat mengantuk, dehidrasi, dll, efek terakhirnya, kematian.

ExplorerPengetahuan & Kemampuan
Ada cukup banyak syarat dan pengetahuan yang saya dapat dari mengikuti sebuah pendidikan dasar kegiatan alam bebas, mulai dari Pengetahuan Fisik, Kesehatan, Orientasi Medan, Navigasi, Pemetaan Topograpi, Kompas, Survival, SAR, Sosiologi Antropologi, P3K, dan sebagainya. Akan lebih baik jika mendapat pengetahuan dari sub materi lainnya seperti; Rock Climbing, Mountaineering, Speleology Caving, Whitewater Rafting, Hiking, dll.

Perijinan
Awal kegiatan, selalu dimulai dengan perijinan. Mulai dari Sekolah/ Kampus, Perhutani, Kepolisian, dan atau instansi terkait lainnya. Semua fotokopi dokumen tersebut akan dikirimkan ke beberapa instansi tempat tujuan, atau dibawa langsung. Saya juga selalu beli fotokopi peta topografi skala 1:250.000 di Geologi Bandung, untuk gunung yang akan saya daki. Kemudian observasi ringan pada lokasi setempat tentang adat istiadat (ini perlu, bukan untuk mengikuti pola hidup mereka, tapi lebih kepada menghormati penduduk setempat), kebiasaan, kepercayaan, dll. Jika kita percayai, ntar musyrik bro. Jadi ini tentang menghormati dan menghargai.

carrier-120Carrier – Backpack – Ransel
Untuk perjalanan 1 hari saya menggunakan daypack, walkerpack. Untuk perjalanan 3 hari saya menggunakan 60Lt carrier. Dan perjalanan lebih dari seminggu, saya menggunakan 120Lt Expedition Carrier (misalnya saat ke Semeru). Seni menyusun semua perlengkapan tersebut, biasa disebut dengan packing. Carrier yang bagus selalu menyediakan beberapa kompartemen yang multifungsi, dengan beberapa belt webbing yang bisa diatur menyesuaikan medan perjalanan yang akan dilalui.
Ini triknya, susunlah berdasarkan berat barang bawaan, mulailah dengan barang yang paling ringan dari dasar carrier. Semakin ke atas, semakin berat barangnya. Ini untuk menjaga titik tumpu carrier terhadap pundak dan punggung.

gorotex-parkaWearpack, Pakaian
Perlengkapan standar lainnya, biasanya saya selalu bawa snowdown jacket atau gorotex parka, raincoat, sleeping bag, halfdome tent (optional). Jangan celana jeans ya, berat itu. Jadi mending kanvas atau katun. Selain ringan, kalau basah, akan mudah kering. Jangan lupa Bandana (lap serbaguna, selain gampang kering, juga bisa buat lap muka, handuk, keringet, ingus, nutupin kepala & kuping kalo dingin, sabuk celana, pokoknya banyak lah..), kadang juga bawa kupluk wol rajut.

Dan jangan lupa, gunakan sepatu trekking (saya menggunakan karrimor &, hitech) yang menutupi mata kaki. Pilihlah warna ngejreng, norak, atau mencolok, untuk utility, perlengkapan, atau alat artifisial lainnya. Karena akan berguna banyak saat kita disorientasi dan dicariin sama tim sar. Tapi jangan sampe ya, kan udah ok persiapannya.. hehehee..

VictorinoxUtility equipment, Alat bantu
Setelah itu baru saya akan fokus pada utility lainnya, seperti kompas, pisau lipat, radio komunikasi dua arah, digital camera, digital minicam, daypack yang customizable (melekat pada depan 120Lt carrier saya), juga walkerpack (ini untuk beberapa utility kecil & ringan) dan salah satu yang terpenting adalah waterpack. Harus punya.

waterpckAir ini penting banget. Kegunaannya banyak, jadi jangan sampai kehabisan air saat melakukan perjalanan atau pendakian ya. Saya pernah membaca sebuah penelitian (sumbernya lupa) yang menyebutkan bahwa, manusia mampu bertahan 7 hari hanya dengan mengkonsumsi air saat keadaan ekstrim (tersesat di gunung atau hutan). Jadi, kita tidak akan kehausan saat trekking dari Ranu Pane ke Cemoro Sewu dan mata akan dimanjakan oleh Edelweiss tiga warna khas Semeru. Hidup akan makin sempurna rasanya.. ^_^

hiking-gearKegunaan daypack tadi begini, saat saya ke Semeru, flying camp terakhir itu ada di dekat memorial of soe hoek gie, batas terakhir Cemoro Sewu dengan pasir puncak Mahameru. Expedition carrier saya simpen di sana, selanjutnya ke puncak hanya bawa daypack isi waterpack, kamera, snackbar, dan utility kecil lainnya.
Ingat baik-baik, tiap puncak gunung punya karakteristik berbeda, misalnya Mahameru. Akan menyemburkan gas, uap, debu beracun dengan interval 30-60 menit. Dari Cemoro Sewu, saya melakukan pendakian mulai jam 4 subuh ke puncak Mahameru. Batas waktu aman adalah maksimal jam 9-10 pagi. Jangan lebih. Nikmati beberapa menit pemandangan luar biasa ciptaanNya, dan setelah berpuas menarsiskan diri, jangan lupa turun lagi dengan selamat ya bro..

compassLakukan layaknya seorang penggiat alam bebas, nikmati karya luar biasa Tuhan dan jangan lupa bersyukur. Lalu pulanglah dengan selamat agar kita bisa menceritakannya pada semua sahabat..



Deni Pradana
TREKKU™

Leave a Reply

