Apa yang dimaksud sistem 4X4?


Jimny SJ410 Hard-Tops (long chassis)Sistem 4×4 adalah sebutan bagi sistem penggerak pada kendaraan yang memungkinkan mesin menyalurkan tenaga ke empat rodanya. Sistem penggerak pada mobil yang sering kita jumpai adalah sistem penggerak roda depan dan penggerak roda belakang. Dengan penyaluran yang baik pada ke empat rodanya, maka kendaraan akan lebih mudah dikendalikan pada segala macam permukaan jalan. Sistem penggerak 4×4 sering diasumsikan untuk kendaraan offroad dan SUV.
Singkatan atau ungkapan 4×4 sendiri berasal dari dua susunan penyebutan, nomor/digit yang pertama menunjukkan jumlah roda kendaraan dan nomor/digit yang kedua menunjukkan tenaga yang tersalur pada roda yang terpasang pada kendaraan tersebut. Berdasarkan penomoran dan penyebutan tersebut, maka pada kendaraan normal (dengan konfigurasi penggerak depan maupun belakang) dapat juga disebut sebagai kendaraan 4×2.
Dalam perkembangannya, teknologi sistem penggerak 4 roda ini menghasilkan apa yang disebut sebagai sistem 4×4 AWD (all wheel drive) dan 4×4 Part time four wheel drive. Kedua jenis 4×4 tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing.

All Wheel Drive4×4 (All Wheel Drive)
Merupakan sistem penggerak 4 roda pada kendaraan yang aktif secara permanen selama kendaraan tersebut dipergunakan. Sering juga sistem ini disebut dengan Full time 4WD. Sistem ini memiliki apa yang disebut dengan central differential yang berfungsi untuk membagi putaran sesuai kebutuhan pada keempat roda dan setiap sumbu roda depan atau belakang. Penggunaan diferensial ini adalah untuk mencegah terjadinya melintirnya sumbu roda dan kerusakan-kerusakan yang dapat terjadi berkaitan dengan sistem penggerak yang biasanya menghantui kendaraan-kendaraan dengan sistem penggerak 4 roda pada saat berjalan pada aspal kering.
Sistem penggerak ini memiliki kelemahan yaitu berkurangnya torsi atau momen puntir jika ada salah satu roda kendaraan mengalami kekurangan traksi (misal: kedua roda depan dan roda belakang kiri menapak dengan baik pada permukaan aspal, sedangkan roda belakang sebelah kanan masuk lubang, maka kendaraan tersebut tidak akan berhasil melalui kondisi tersebut. Hal ini disebabkan oleh fungsi dasar diferensial yang membagi torsi kepada bagian yang membutuhkan, jadi secara alamiah, diferensial akan menyalurkan tenaga pada roda yang tidak menapak dengan sempurna tersebut, sedangkan yang dibutuhkan untuk melalui kondisi tersebut adalah penyaluran tenaga yang merata kepada ke-tiga roda yang menapak dengan baik.)

propeller shaft4×4 (Part Time Four Wheel drive)
Pada sistem penggerak 4 roda dengan fungsi Part Time atau sistem penggerak 4 roda yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan. Sistem penggerak 4 roda ini merupakan sistem penggerak yang lebih simpel jika dibandingkan all time four wheel drive karena, sistem penggerak ini tidak menghubungkan antara sumbu depan dan belakang melalui diferensial, oleh karena itu, kendaraan dengan sistem penggerak ini tidak mengalami pengurangan torsi jika mengalami kondisi seperti yang dijelaskan diatas. Sistem penggerak 4 roda part time ini juga dilengkapi dengan kombinasi gigi reduksi pada transfer case (alat yang dapat melakukan perpindahan antara gerak 2 roda belakang ke gerak 4 roda), gigi reduksi ini menyediakan torsi yang melimpah pada kecepatan yang rendah dimana hal ini sangat penting digunakan pada kendaraan-kendaraan yang sering melalui medan off road.

Gambar tersebut diatas menunjukkan sistem penggerak 4 roda part time yang dianut oleh kendaraan-kendaraan dengan penggunaan heavy-duty, sistem tersebut menggunakan transfer case yang menghubungkan antara sumbu roda depan dan belakang.
Dari keterangan tersebut diatas, sistem penggerak 4 roda full time sangat dibutuhkan untuk meningkatkan handling kendaraan-kendaraan yang masuk kategori supercars dan SUV , sedangkan sistem penggerak 4 roda yang tradisional (tanpa center differential) lebih baik dan cocok untuk pemakaian heavy-duty seperti penggunaan offroad atau di jalanan salju.

picture & article by aki-massive.com
photo by Deni Pradana

TREKKU™

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s